Artikel Motivasi | Buat Pelajar

Artikel Motivasi : Motivasi erat sekali   hubungannya  dengan  tujuan  yang  akan  dicapai. Di  dalam  menentukan  tujuan  itu  dapat  disadari  atau  tidak, akan  tetapi  untuk  mencapai  tujuan  itu  perlu  berbuat, sedangkan  yang menjadi  penyebab  berbuat  adalah  motif  itu  sendiri  sebagai  daya penggerak/pendorongnya.

Pengertian Artikel Motivasi

Pengertian   artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Agar Anda lebih mengerti tentang artikel, berikut ini saya sajikan salah satu artikel yang saya kutip dariWikipedia

Jadi dapat kita tarik kesimpulan tentang pengertian artikel motivasi adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur yang dapat memberikan kita dorongan atau penggerak untuk mencapai tujuan dengan melakukan aksi untuk menggapai tujuan kita.

Artikel motivasi pada umumnya memberikan gambaran tentang kehidupan manusia, bagaimana seorang manusia menyelesaikan komplit atau mengatasi komplit yang terjadi di kehidupan mereka. Misalnya seseorang yang memiliki cita-cita yang tinggi tidak akan mampu untuk menggapai cita-citanya tanpa dorongan atau motivasi dari keluarga, teman-teman, sahabat dan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, sehingga dalam kehidupan ini kita sangat dan sangat membutuhkan orang lain untuk memberikan motivasi kepada diri kita. Karena sangat sulit untuk memberikan motivasi bagi diri sendiri.

Terkadang seseorang yang sedang menghadapi masalah yang sangat besar dan dia tidak mampu memikul beban tersebut, maka dia membutuhkan seseorang. Apakah itu keluarga, teman, sahabat yang harus memberikan motivasi dan support untuk mengatasi masalah tersebut.

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan “saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi”. Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat.

Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya. Berikut ini beberapa artikel motivasi yang dimiliki artikel bagus : 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s