Mengatasi Masalah Anak Pemalu

60715-admin-is-watching-youMengatasi Masalah Anak Pemalu– Pemalu adalah sifat yang pasif, dimana anak yang pemalu itu memiliki aktivitas motorik dan kognitif yang kurang/diam. Pemalu merupakan kelainan prilaku yang jelas asal usulnya, gangguan prilaku tersebut terkombinasi dengan sifat-sifat tertentu seperti, diam, tidak mau bertanya apa-apa.

Menurut para ahli bahwa pemalu adalah gangguan yang mempunyai ciri-ciri pasif yang monoton, biasanya mengalami kesukaran dalam berkomunikasi dan berperilaku.

Masalah yang dihadapi oleh anak-anak taman kanak-kanak biasanya berkaitan dengan gangguan pada perkembangan anak. Bila tidak segera diatasi gangguan itu akan berlanjut pada fase perkembangan berikutnya yaitu fase perkembangan anak sekolah. Contohnya pada fase ini anak masih ngompol, anak itu dijauhi oleh teman-temannya sehingga pada fase berikutnya yaitu fase sekolah anak tidak bisa menyesuaikan diri dengan temannya. Oleh karena itu guru perlu mengetahui berbagai masalah itu agar dapat membantu anak memecahkannya.

Karakteristik atau Ciri-ciri Pemalu

  • 1.Pendiam
  • 2.Interaksi dengan lingkungan sekitar kurang
  • 3.Sulit mengemukakan pendapat pada orang lain
  • 4.Selalu menutup diri
  • 5.Tidak suka melakukan tugas yang diberikan karena takut salah.

Faktor Penyebab Pemalu

  1. Faktor Fisik
  • Abnormalitasnya aktivitas anak
  • Ada kekurangannya di dalam diri anak
  • Anak tidak merasa sama dengan teman-temannya

Faktor Psikis
Dilihat dari segi psikologis yaitu bahwa anak itu pemalu cenderung kurang berinteraksi dengan teman-temannya atau dengan lingkungan sekitarnya, akibatnya anak pada waktu bertemu dengan orang lain merasa malu dan takut.

Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan, yang menyebabkan anak pemalu yaitu kurang baiknya lingkungan disekitar rumah. Sehingga, anak jarang keluar rumah akibatnya anak jadi pemalu.

Faktor Emosional
Anak yang emosinya tidak setabil sulit untuk berkonsentrasi dan berpikir logis, tidak mampu memotivasi dirinya untuk tetap fokus pada aktivitasnya serta tidak mampu membina hubungan yang harmonis dengan lingkungan dimana ia berada.

Cara Pencegahan Anak Pemalu

  • Harus memberi motivasi yang kuat
  • Anak yang pemalu biasanya dalam melakukan berbagai hal harus disertai dengan cara memberi motivasi atau bersamaan, sehingga anak bisa berinteraksi.
  • Harus bisa mengarahkan anak tersebut.

Anak harus bisa diarahkan atau dilibatkan suatu kegiatan yang mampu menarik perhatian dan minat anak yaitu kegiatan-kegiatan yang bisa menarik anak.

Jika anda menyukai artikel ini silahkan tinggalkan komentarnya di kotak komentar yang sudah disediakan atau langsung Klik Facebook saja…. Okkk….!! demi mempertahankan Blog Ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s