Permainan bola voli – Aturan dan Teknik

d4dd0-paudPermainan bola voli – Aturan dan Teknik | Permainan bola voli diciptakan oleh William G.Morgan pada tahun 1895 di kota Massachusetts amerika serikat. Pada mulanya permainan bola voli diberi nama Mintonette,dimana permainannya hampir serupa dengan permainan Badminton. Jumlah permainannya tidak terbatas sesuai dengan tujuan semula yaitu untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh,di samping untuk berteman umum.

Kemudian permainan ini di ubah menjadi Vollley ball yang artinya memvoli bola secara bergantian.pada tahun 1947 untuk pertama kalinya permainan bola voli dipertandingkan di Polandia. Pada tahun 1948 dibentuk organisasi bola voli dunia dengan nama IVBF (International Volley Ball Federation) dengan beranggotakan 15 negara dan berpusat di paris.Pada tanggal 22 januari 1955 dibentuk PBSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta. Bersamaan dengan PON ke-2,bola voli secara resmi dimasukan ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

1.Latihan teknik dasar servis tangan bawah
Latihan servis tangan bawah,diawali dengan jarak agak dekat dari netdan kemudian meningkat dari jarak yang sebenarnya. Servis dalam permainan bola voli sangat penting,servis yang baik akan membuat lawan kerepotan menerima bola secara baik. Oleh karena itu servis perlu dilatih caranya sebagai berikut:

.Sikap tangan yang akan dipakai untuk memukul bola seperti dibawah:

  • Tapak tangan dicekungkan,bola dipukul dengan tapak tangan yang mencekung
  • Jari jari tangan mengepal,kuku ibu jari dikepal.bola dipukul dengan bagian ibu jari dan telunjuk
  • Jari jari ditekuk, ibu jari di luar menekan telunjuk,tekukan jari menyentuh telapak tangan bola dipukul dengan keempat jari dan telapak tangan.

Sikap permulaan dengan berdiri tegak,kaki kiri di depan agak bengkok.kaki kanan di belakang,tapak kaki kaki kanan serong keluar,berat badan pada kaki kanan,badan di putar ke kanan sehingga bagian kiri mengarah ke jaring. Bola dipegang tangan kiri sebelah samping tubuh setinggi perut,dengan bebas tangan kanan diletakan diletakan dekat bola,pandangan ke arah lapangan lawan,jaga keseimbangan badan.

Dalam pelaksanaannya bola sedikit dilambungkan ke atas,bersamaan dengan lambungan tangan kanan di ayunkan ke belakang,sehingga lengan kanan lurus serong ke belakang. Pada saat ini berat badan dipindahkan ke kaki depan,tumit kaki belakang diangkat secara cepat bola dipukul agar melambung lewat net.gerakan dari lambungan bola sampai memukul bola yang disertai gerakan badan di atas berlangsung sekejap.

2.Latihan teknik dasar pass bawah
Latihan pass bawah berpasangan dimulai dengan salah seorang melambungkan bola dan yang lain melakukan pass bawah kemudian kedua-duanya sama-sama melakukan pass bawah.
Latihan teknik pass bawah dapat ditempuh dengan cara sebagai berikut:
-Sikap permulaan kaki kiri di depan dan kanan di belakang,kedua lutut agak dibengkokan badan agak membungkuk,berat badan pada kedua kaki,kedua tangan lurus serong ke depan bawah,telapak tangan yang satu memegang tangan lain yang terletak di atas,siku harus benar benar lurus dan kedua tangan membentuk segitiga dengan dada
-Saat memainkan bola/menyentuh bola pada pass bawah kedua lengan dengan tetap lurus diayunkan ke atas, searah dengan lawan datangnya bola. Bola disentuh dengan bidang datar dari kedua tangan. Pada saat bola menyentuh tangan harus tetap lurus,siku tidak boleh ditekuk.
-Setelah memainkan bola kedua lengan tetap lurus dan kedua lengan tetap digerakan searah jalannya bola,setelah mencapai batas terjauh kedua tangan dilepas,badan kembali tegak,dan bersiap kembali untuk pass yang dibutuhkan.

3.Latihan teknik dasar pass atas
Latihan pass atas berpasangan,dimulai dengan salah seorang melambungkan bola dan yang lain melakukan pass atas,kemudian keduanya sama sama melakukan pass atas
Pas atas sering juga disebut set up
Latihan pass atas dapat dlakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Sikap permulaan kaki kangkang,kedua kaki sejajar atau kaki kiri belakang kaki kanan depan,kedua lutut bengkok,berat badan pada kedua kaki,tegak lurus,pandangan ke bola,kedua lengan ke depan atas agak bengkok,kedua siku ke samping depan setinggi bahu lebih sedikit,tangan di depan atas dahi,jari-jari tangan meregang dan membusur,ibu jari tangan lebih diregangkan dari keempat jari lainnya,letak ibu jari agak mendatar,pergelangan tangan lurus semuanya bersikap lentur(tidak kaku)

4.Latihan teknik dasar umpan dan smash

  • -Umpan dapat dilakukan dengan passing atas dan passing bawah
  • -Pemain yang akan melakukan smash melambungkan bola pada pengumpan
  • -Selanjutnya dismash oleh pemain yang melambungkan bola tadi

5.Peraturan permainan bola voli
a.Regu
Satu regu terdiri dari maksimal 12 pemain,seorang pelatih (coach),
Seorang asisten pelatih,seorang trainer dan seorang dokter medis.

b.Perlengkapan pemain
Perlengkapan pemain terdiri dari baju,celana pendek,dan sepatu
Olahraga.baju pemain harus bernomor 1-18.

c.Sistem pemberian angka

  • Suatu pertandingan dimenangkan pleh regu yang memenangkan 3 set
  • Memenangkan poin pada setiap setnya yang meraih angka 25 dan
  • memimpin selisih 2angka atas lawannya jika terjadi angka sama,dan
  • seterusnya tidak terbatas.
  • Memenangkan poin pada saat penentuan dengan meraih angka 25 dan
  • memimpin selisih 2 angka atas lawannya jika terjadi angka yang sama dan seterusnya tidak terbatas.
  • Bila kedudukan set sama,yaitu 2-2,maka set penentuan dimainkan sampai angka 15 dengan minimal memimpin 2 angka atas lawannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s