Alur Baru Pengajuan NUPTK 2013

Alur Baru Pengajuan NUPTK

Alur Baru Pengajuan NUPTK~Semenjak diluncurkan pada hari peringatan kebangkitan nasional tahun 2013 lalu , program PADAMU NEGERI sebagai Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan – Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) terus berkembang. Sebagaimana yang telah kami jelaskan pada artikel terdahulu bahwa proses pengajuan NUPTK, baru dikatakan tuntas apabila PTK yang mengajukan NUPTK tersebut telah memiliki 4 bintang dan memegang dokumen S14. Namun seiring dengan penyempurnaan sistem serta alur prosedur proses, maka alur yang lama tersebut TIDAK LAGI BERLAKU. Proses Pengajuan NUPTK baru dikatakan TUNTAS APABILA PTK SUDAH MEMPEROLEH DOKUMEN S11. 

Adapun alur pengajuan baru NUPTK saat ini adalah sebagai berikut :

1

Bermula dari diunduhnya formulir A05 sebagai dokumen ajuan baru, selanjutnya setelah diisi dan ditanda tangani oleh PTK, formulir A05 ini ditanda tangani oleh kepala sekolah dan diserahkan kepada operator sekolah untuk dientry kode formulirnya beserta data dasar PTK tersebut berdasarkan dokumen lampiran yang wajib disertakan ketika menyerahkan A05 kepada operator sekolah. Selanjutnya operator sekolah akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Aktifasi Akun PTK yang berisi Kode Aktifasi.

2

Selanjutnya, setelah menerima Dokumen S02 dari operator sekolah, PTK akan mengaktifasi akunnya dan menetapkan Password baru untuk menggantikan Kode Aktifasi. Selanjutnya PTK hanya akan menggunakan Password ini untuk login, karena aktifasi akun PTK hanya dilakukan sekali saja. Setelah itu, PTK akan mengisi EDS dan Data Rinci, dan mencetak Surat Tanda Bukti Pengisian Data Detail PTK (S03). Setelah ditanda tangani, S03 ini akan diserahkan kepada operator sekolah bersama lampiran-lampiran yang diwajibkan. Operator sekolah akan melakukan pemeriksaan berkas dan menerbitkan surat penetapan Peg ID (S05) dan Pakta Integritas (S07). S07 ini bersama S05 diserahkan kembali kepada PTK. S05 akan disimpan sebagai bukti bagi PTK. S07 ditanda tangani oleh PTK diatas materai dan diketahui oleh Kepala Sekolah.

Pakta integritas (S07) yang telah ditanda tangani PTK diatas materai lalu dikumpulkan secara kolektif oleh operator sekolah beserta lampiran-lampirannya untuk diserahkan kepada operator Dinas.

Setelah menerima S07, Operator Dinas akan mencetak dokumen S08 sebagai tanda bukti Peg ID aktif. S08 ini diserahkan kembali kepada PTK. Berdasarkan S08 tersebut, PTK akan mencetak dokumen dokumen pengajuan NUPTK baru (S06) dan menyerahkan S06 tersebut kepada operator dinas.

Setelah menerima S06, operator dinas akan menerbitkan surat tanda terima pengajuan NUPTK Baru (S09) dan S10 kepada operator LPMP. Operator LPMP akan memproses semua ajuan S09 dan S10 yang masuk lalu menerbitkan S11 sebagai tanda bukti bahwa NUPTK baru telah terbit

Jika Artikel ini bermanfaat Silahkan Klik Disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s