Ketentuan Penetapan Bidang Studi Sertifikasi Guru 2014

Ketentuan Penetapan Bidang Studi Sertifikasi Guru 2014~Salah satu hal utama dalam proses sertifikasi guru adalah penetapan bidang studi sertifikasi yang ditetapkan oleh guru. Guru secara profesional harus menetapkan bidang studi berdasarkan kompetensi yang dikuasainya. Hal ini sangat penting karena bidang studi ini akan melekat terus pada guru selama menjalankan profesi guru. Dan tentu saja, jika sudah disertifikasi untuk satu bidang studi tertentu, guru tersebut tidak dapat berpindah ke bidang studi yang lain kecuali menurut ketentuan dan aturan-aturan tertentu. Misalnya seperti sertifikat kedua bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

Nomor kode bidang studi tidak boleh salahan  karena bidang studi ini akan menjadi dasar LPTK dalam melakukan penilaian portofolio dan PLPG. Kesalahan kode bidang studi akan menyebabkan terjadinya penundaan proses sertifikasi guru di LPTK. Kode bidang studi sertifikasi guru ditunjukkan pada nomor peserta sertifikasi guru pada digit 7, 8, dan 9. Lihat kodefikasi nomor peserta sertifikasi guru 2014 disini.

Kebijakan-kebijakan yang didasarkan kepada Bidang studi adalah sebagai berikut :

  1. Penentuan soal uji kompetensi (UK);
  2. Penentuan pembagian tugas mengajar guru;
  3. Pemberian tunjangan profesi guru;
  4. Penilaian kinerja guru; dan
  5. Pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Penetapan bidang studi sertifikasi mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  1. Sesuai dengan program studi S-1 (linier),
  2. Apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1, dapat menggunakan program studi D-III,
  3. Apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi sertifikasi sesuai dengan mata pelajaran, rumpun mata pelajaran, atau satuan pendidikan yang diampunya, dan wajib memiliki masa kerja minimal sudah 5 tahun berturut-turut mengajar mata pelajaran tersebut.

Berikut ini beberapa contoh penetapan pilihan bidang studi.

No

Contoh Penetapan Bidang Studi

1

“P” adalah guru Matematika lulusan D3 Pendidikan Matematika yang telah mengajar di SMP selama 10 tahun, kemudian melanjutkan pendidikan dan lulus jenjang S1 pada program studi Bahasa Indonesia. Ia mengajar Matematika pada saat ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru, maka yang bersangkutan harus mengikuti sertifikasi guru bidang studi Matematika.

2

“Q” adalah guru tamatan SPG dan saat ini mengajar sebagai guru kelas di SD dengan masa kerja 25 tahun.  Guru tersebut mengikuti pendidikan lanjutan untuk mendapatkan ijasah Diploma II PGSD.  Setelah itu guru tersebut melanjutkan lagi untuk mengikuti kuliah S1. Karena perguruan tinggi di wilayahnya tidak ada jurusan S1 PGSD maka jurusan yang diikutinya adalah Administrasti Pendidikan dan ia telah lulus 3 tahun yang lalu. Guru tersebut harus mengikuti sertifikasi guru untuk guru kelas di SD.

3

“R” adalah guru lulusan S1 Fakultas Hukum dari salah satu perguruan tinggi negeri, tidak memiliki Akta IV, mengajar PKn selama 10 tahun di SMA sampai saat mengikuti sertifikasi guru.  Guru tersebut mengikuti sertifikasi guru untuk bidang studi PKn.

4

“S” adalah guru berlatarbelakang S1 Pendidikan Agama Islam dan telah mengajar di SD sebagai guru kelas selama 14 tahun. Guru tersebut harus mengikuti sertifikasi guru sebagai guru kelas SD melalui Kementerian Pendidikan Nasional.

Sumber : http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id   DAN  http://forumptk.org/

Adapun untuk dapat diikut sertakan sebagai calon peserta sertifikasi guru 2014, maka seorang guru wajib memenuhi syarat-syarat calon peserta sertifikasi guru 2014. Demikian semoga bermanfaat.

2 comments on “Ketentuan Penetapan Bidang Studi Sertifikasi Guru 2014

  1. Assalamu’alaikum perkenalkan nama saya ibu srimuliani handoyokusumo,saya ingin berbagi cerita dalam kesuksesan dibidang kepegawaian.saya sebelumnya menjadi guru tenaga honorer kurang dari 8thn dissekolah dasar negeri di blitar dan alhamdulillah tahun kemarin saya terangkat menjadi pengawai negeri sipil berkat bantuan salah soeorang petinggi BKN PUSAT atas nama bapak IR.AGUS SUTIADI.M.SI beliaulah yang selama ini membantu saya menjadi seorang PNS.anda ingin seperti saya silahkan hubungi nonor bapak IR.AGUS SETIADI M.SI 0852-3687-2555.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s